Jumat, 06 September 2013

Solusi Agar Tetap Terjaga Saat Mengemudi

Solusi Agar Tetap Terjaga Saat Mengemudi


 

Saat mengemudi kendaraan untuk jarak yang jauh terutama di malam hari, tak dapat hindari mata akan ngantuk lebih hebat dari biasanya. Apalagi perjalanan yang dilakukan sudah seharian penuh sampai malam. Hati-hati, kondisi yang seperti ini sangat membahayakan, baik diri pengemudi sendiri maupun penumpang yang dibawanya dalam satu kendaraan.
Untuk itu, untuk meneruskan perjalanan perlu pertimbangan yang masak. Istirahat adalah solusi yang terbaik agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Namun jika memang memaksakan untuk meneruskan perjalanan, artikel ini mungkin bisa jadi solusi agar tetap terjaga saat mengemudi kendaraan Anda.

Solusi Agar Tetap Terjaga Saat Mengemudi


1. Minumlah minuman ber-energi.
Banyak sekali minuman berenergi yang sudah beredar dipasaran. Ada yang rasa anggur, jeruk, stroberi, dll. Minuman ini akan meningkat kewaspadaan Anda saat mengemudi. Karena mata akan selalu terjaga sampai beberapa jam kedepan.

2. Makanlah dengan pelan.
Maksudnya, ketika anda makan camilan usahakan agar Anda menggigit dengan pelan dan sedikit demi sedikit. Mulut yang selalu mengunyah akan membuat mata Anda akan terjaga lebih lama.

3. Minumlah dengan pelan.
Ketika Anda minum minuman berenergi atau kopi. Minumlah dengan pelan-pelan. Seteguk demi seteguk. Taruh di tempat minum, lalu per beberapa menit minum lagi. Hal ini agar otak selalu bekerja untuk mengingatkan untuk minum lagi. Sama halnya dengan menjadwal untuk berhenti buang air kecil, atur jadwalnya agar otak selalu mengingatkan untuk berhenti di rest area berikutnya. Efeknya tentunya mata dan otak akan terjaga saat mengemudi.

4. Jauhi gula.
Gula adalah salah satu musuh terbesar untuk orang yang ingin selalu terjaga. Terlalu banyak mengkonsumsi gula, maka akan berakibat ngantuk. Ini sesuai dengan penelitian bahwa terlalu banyak makan terutama nasi, maka selanjutnya akan berakibat ngantuk berat. Karena karbohidrat dari nasi akan menghasilkan gula alami untuk tubuh.

5. Saat malam, nyalakan lampu kabin.
Memang agak aneh, jadi mirip akuarium, saat malam tiba malah menyalakan lampu kabin kendaraan. Namun dari penelitian, ketika lampu dimatikan maka tubuh akan menghasilkan melatonin, hormon yang merangsang syaraf agar Anda tertidur lebih cepat.

6. Turunkan temperatur AC.
Suhu yang rendah dari yang biasanya Anda suka, tapi tidak terlalu dingin, akan membuat tubuh Anda beradaptasi untuk menaikkan suhu badan. Karena tubuh dan otak sangat membutuhkan kehangatan untuk melakukan fungsinya dengan baik. Sehingga jika tubuh hangat otomatis mata akan terjaga.

7. Makan permen karet Mint.
Biarkan mulut Anda terus mengunyah. Rasa mint yang dihasilkan dari permen karet akan membuat Anda segar kembali.

8. Usap muka dan tubuh Anda dengan lap basah.
Ini akan membuat Anda lebih fresh, sehingga Anda bisa terjaga lebih lama.

9. Dengarkan musik yang tidak Anda sukai.
Jangan musik yang slow dan mendayu-dayu, tapi yang jelas harus musik yang tidak Anda sukai.

10. Bernyanyilah seperti Anda ingin konser musik.
Bernyanyilah seperti Anda saat mandi di kamar mandi. Tak usah hiraukan kalau suara Anda sumbang, tetap menyanyilah. Sehingga otak akan selalu terjaga mengingat lirik lagunya agar Anda bisa tetap nyanyi mengikuti musik dari radio atau tape kendaraan Anda.

11. Buka jendela.
Biarkan angin dingin udara luar masuk dengan kencang. Saat angin menabrak muka, Anda akan menjadi lebih fresh dan mata akan terjaga.

12. Posisikan tempat duduk agar tidak nyaman.
Sandaran tempat duduk yang terlalu kedepan akan memaksa tubuh untuk menunduk kedepan dan tubuh tidak bisa sandaran dengan baik. Otomatis tubuh tidak nyaman, sehingga tubuh anak selalu terjaga karena ketidaknyamanan ini.

13. Makan snack yang pedas.
Pedas akan membuat mata Anda akan selalu terjaga. Namun hati-hati, jangan kebanyakan makan pedas, nanti berakibat mules-mules dan malah memperlambat perjalanan.

14. Makan es batu.
Penjelasannya mirip dengan menggunakan pilihan ke 6, turunkan temperatur AC.

15. Makanlah kuaci.
Sudah rahasia umum, kalau makan kuaci itu pasti akan sangat lama untuk menyelesaikannya. Namun ketika Anda kesulitan membuka, mengambil kuacinya, maka otomatis otak akan tersadar untuk terjaga.
Demikian 15 tips solusi agar tetap terjaga saat mengemudi. Kondisi tubuh yang segar akan membuat berkendara lebih nyaman dan mengemudi pun akan lebih mudah untuk mengontrol manuver dan laju kendaraan. Untuk itu pastikan agar Anda selalu tetap terjaga saat mengemudi perjalanan jauh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar